"Apakah bisnis saya harus menggunakan iklan
Pay-Per-Click (PPC) atau strategi Search Engine Optimization (SEO)
organik?" Saya mendapatkan pertanyaan itu sepanjang waktu. Dan tentu saja,
jawaban saya adalah, "Itu tergantung. Apa tujuan Anda?
Apa? Maksudmu itu bukan "ya" atau
"tidak." Tentu saja tidak. Jawabannya sangat tergantung pada apa
tujuan perusahaan Anda. Apakah Anda menjual produk atau layanan baru? Apakah
ada banyak pendidikan yang terlibat dalam pembelian produk atau layanan Anda?
Apakah ada penghalang besar untuk masuk ke produk Anda? Apakah Anda terkenal di
industri Anda? Ini hanya beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab sebelum
melihat PPC atau SEO.
Sebelum kita maju dari diri kita sendiri, mari kita lihat
dulu perbedaan antara PPC dan SEO. Atau periksa blog ini yang memberikan
analogi yang bagus.
SEO VS PPC ANALISIS
Jasa SEO bukan hanya
tentang mengoptimalkan situs web dan konten Anda untuk peringkat lebih tinggi dalam
hasil pencarian organik untuk kata kunci bertarget pada mesin pencari yang
paling berpengaruh; ini juga tentang menjadi otoritas atas masalah yang
dihadapi dan solusi yang Anda berikan. Mesin pencari utama seperti Google,
Yahoo, dan Bing melihat bagaimana orang berinteraksi dengan situs Anda, jika
mereka kembali, dan jika situs lain terhubung ke halaman situs web Anda
(bersama dengan beberapa ratus faktor lainnya).
PPC (Pay Per Click), di sisi lain, adalah semua tentang
membayar untuk ruang iklan untuk kata kunci bertarget spesifik pada halaman
hasil pencarian. Tetapi jangan salah, ada banyak pengoptimalan mesin telusur
saat membuat kampanye iklan berbayar.
ikon iklan bayar per klik. Ini adalah tangkapan layar
pencarian Google untuk frasa "Water Heater Boise". Iklan PPC
ditampilkan di bagian atas halaman hasil pencarian dengan tag kuning berlabel
'Iklan'. Di bawah ruang iklan teratas Anda akan melihat hasil pencarian alami
(SEO) yang ditampilkan di area utama halaman hasil pencarian.
Ketika tangkapan layar ini dengan jelas mengungkapkan, Anda
dapat membayar untuk kehadiran pada frase kata kunci melalui PPC atau Anda
dapat memperoleh kehadiran Anda dengan SEO.
APAKAH ORGANIK SEO LEBIH BAIK DARIPPC?
Sekali lagi, itu tergantung. Strategi pemasaran web jangka
panjang Anda harus selalu menyertakan pengoptimalan mesin telusur. Keuntungan
utama dari SEO adalah bahwa secara statistik itu membawa Anda memimpin lalu
lintas berkualitas lebih baik. Bahkan, banyak pengguna yang tanpa sadar melatih
diri mereka sendiri untuk mengabaikan "hasil berbayar" sepenuhnya
saat menjelajahi web atau menelusuri di Google.
Ada banyak data yang menunjukkan pengunjung
"Penelusuran Natural" ke situs web Anda jauh lebih mungkin untuk
memercayai Anda, bisnis Anda, dan produk & layanan Anda. Peringkat tinggi
di Google untuk kata kunci atau frasa adalah tanda yang jelas bahwa Anda adalah
sumber yang dapat dipercaya dan bahwa Anda adalah pemain penting dalam industri
Anda.
Tapi jangan membodohi diri sendiri dengan berpikir bahwa SEO
itu gratis. Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, jasa SEO murah datang dengan biaya. Entah itu
waktu Anda sendiri atau menyewa vendor luar untuk mengelola strategi SEO Anda,
SEO memang datang dengan biaya.
JADI KATAKAN ANDA TIDAK MENGGUNAKAN PPC?
Jangan mengabaikan PPC. Ada beberapa keuntungan untuk PPC
dibanding pencarian organik. Misalnya, jika Anda menyiapkan kampanye dengan
benar, Anda dapat melihat hasil yang signifikan dari investasi Anda. Dan itu
bukan hanya soal siapa yang paling membayar untuk berada di tempat iklan nomor
satu. Selalu ingat bahwa prioritas nomor satu mesin pencari adalah
mengembalikan hasil TERBAIK bagi pengguna yang melakukan pencarian, bukan
perusahaan yang membayar iklan. Misalnya, jika Google selalu menempatkan
penawar tertinggi di atas, tetapi iklan itu tidak menawarkan solusi untuk
masalah yang dicari pengguna, pengguna itu hanya akan mulai menggunakan mesin
pencari lain. Google tidak dapat menjadi mesin pencari yang paling sering
digunakan dengan selalu menampilkan penawar tertinggi.
Keuntungan lain untuk PPC adalah kemampuan untuk beriklan di
situs lain yang memiliki jumlah lalu lintas yang signifikan yang sesuai dengan
kepribadian pembeli Anda. Jika seorang pengguna melihat iklan Anda di pencarian
(dan tidak melakukan apa-apa), tetapi kemudian hari itu adalah membaca blog
favorit mereka dan melihat iklan Anda lagi di sidebar blog itu ... yah, ada
kemungkinan besar bahwa pengguna akan mempertimbangkan Anda produk lagi.
ANALISIS FINAL
Menanggapi pertanyaan awal saya tentang "Haruskah saya
menggunakan PPC atau SEO untuk bisnis saya?", Jawaban saya masih sama: Itu
tergantung.
Pay-Per-Click adalah cara yang bagus untuk melejitkan upaya
pemasaran digital bisnis Anda dengan lalu lintas langsung. Untuk mendapatkan
hasil maksimal dari PPC, adalah bijaksana untuk meluangkan waktu untuk
mendapatkan pelatihan dan sertifikasi yang tepat. Google menawarkan pelatihan
ini dalam proses sertifikasi mereka untuk Google Adwords dan Google Analytics,
yang gratis untuk semua bisnis. Jika Anda tidak punya waktu atau sumber daya
untuk ini, penting untuk mempekerjakan seseorang dengan pengalaman dan
pelatihan di PPC. Sadarilah bahwa ketika Anda mematikan PPC, lalu lintas juga
hilang.
Search Engine Optimization sangat penting dan membutuhkan
waktu untuk membangun otoritas halaman dan diindeks untuk istilah pencarian
yang tepat. Juga, andalkan banyak fluktuasi dalam peringkat Anda, terutama jika
Anda berada di pasar yang sangat kompetitif. Anda tidak pernah tahu kapan salah
satu pesaing Anda akan meningkatkan permainan mereka dan menjadi otoritas di
industri Anda.
Jangan berkecil hati, karena strategi SEO jangka panjang
akan membawa Anda prospek yang paling berkualitas. Selain itu, upaya SEO Anda
(meningkatkan konten halaman, backlinking, judul, deskripsi meta, dll) akan
langsung membantu hasil PPC Anda juga.
Ketika dilakukan dengan benar, baik PPC dan SEO organik
dapat membawa Anda di halaman depan mesin pencari untuk istilah yang
ditargetkan. Namun, masing-masing memiliki manfaat dan biayanya masing-masing.
Semoga berhasil!
Komentar
Posting Komentar